Inilah Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Dana Tunai Online

Pinjaman Dana Tunai Online, Benarkah Memudahkan?

Butuh uang mendesak dalam jumlah kecil atau besar? Mengajukan pinjaman ke bank memerlukan waktu lama dan agunan, meminjam teman enggan, apa yang harus dilakukan? Yup! Ajukan pinjaman dana tunai online saja!

Apa itu pinjaman dana online? Jika Anda belum familier, ini adalah transaksi pinjam meminjam uang yang dilakukan dengan cara online. Jadi, tinggal klik-klik di ponsel pintar saja, Anda pun sudah bisa mendapatkan uang untuk berbagai keperluan. Mudah? Tentu saja! Teknologi Fintech telah memudahkan urusan yang tadinya agak rumit dan erat kaitannya dengan aib ini.

Jika meminjam teman atau saudara harus menanggung malu, maka dengan pinjaman online ini hanya Anda, pihak penyedia, dan Tuhan saja yang tahu. Mulai tertarik dengan metode canggih ini? Eits! Sebelumnya, Anda harus tahu dulu apa saja kelebihan dan kekurangan dari pinjaman via online tersebut. 

Ini penting agar Anda punya gambaran dan tidak menimbulkan penyesalan. Segala sesuatu mau semudah apa pun itu, pasti ada risikonya, bukan?

Kelebihan Pinjaman Dana Online

Tentunya, teknologi fintech ini menawarkan berbagai kelebihan yang menggiurkan untuk Anda, seperti:

  • Proses yang Super Mudah

Apa saja yang menggunakan teknologi pasti akan mudah saja dilakukan, ya, termasuk untuk urusan pinjam uang ini. Dibandingkan dengan meminjam secara konvensional, tentu proses pinjaman online jauh lebih mudah. Anda bisa melakukannya hanya dengan memencet-mencet tombol di ponsel, tanpa perlu melangkahkan kaki ke kantornya. 

Dengan ini, tentu waktu dan tenaga Anda pun bisa lebih banyak dihemat dan dimanfaatkan untuk kegiatan lainnya. Selain itu, mengingat modalnya cuma ponsel dan internet saja, Anda pun bisa melakukannya di mana dan kapan saja. 

  • Lebih Cepat Cair

Dengan pinjaman online ini, uang yang diharapkan bisa langsung ada di tangan. Jika mengajukan di bank bisa makan waktu berminggu-minggu, ini hanya butuh hitungan hari. Bisa jadi, dalam waktu satu hari saja pinjaman Anda sudah langsung cair. Paling lama pun biasanya hanya sampai satu Minggu. 

Kenapa bisa cepat begini? Karena tidak adanya agunan yang harus diproses secara digital. Juga, identitas yang Anda berikan sudah dalam bentuk digital sehingga bisa langsung diproses. Beda dengan bank yang menggunakan data diri asli sehingga harus memproses ke dalam bentuk digital.

  • Syarat Dokumen Lebih Mudah

Tenang, Anda tidak perlu menyiapkan segala berkas dokumen untuk mengajukan pinjaman online. Cukup dengan KTP, KK jika diminta, NPWP jika diminta, rekening tabungan dan foto diri saja. Mudah sekali, bukan?

  • Bisa Digunakan Untuk Apa Saja

Jika pinjaman lain sudah dikhususkan untuk apa dan mau dikemanakan, pinjaman online bisa digunakan untuk apa saja. Misalnya, pinjaman KPR hanya untuk rumah, KUR untuk modal usaha, dan sejenisnya, ini tidak berlaku untuk pinjaman online. Hanya mau digunakan untuk nyalon saja juga bisa.

 

Kekurangan Pinjaman Dana Tunai Online

Jika ada kelebihan, sudah pasti pula ada kekurangan. Berikut di antara kekurangan pinjaman online:

  • Bunganya Dihitung Harian

Ya, jika pinjaman bank tanpa agunan menerapkan sistem bunga bulanan, maka untuk pinjaman online ini sistemnya adalah harian. Ini akan berimbas pada Anda yang mengambil tenor cukup lama, maka bunga tersebut pasti akan sangat terasa. Nah, karenanya, sebelum melakukan peminjaman, ada baiknya jika Anda melakukan penghitungan lebih dulu supaya tidak terlalu berat nantinya.

  • Nominal Pinjaman Lebih Kecil

Pinjaman online ini memang ditujukan untuk Anda yang butuh dana tidak terlalu besar. Jangan harap bisa mengajukan pinjaman sampai 500 juta seperti di bank, ya. Paling mentok, pinjaman online hanya bisa sampai 20-30 juta saja. Hal itu berkaitan erat dengan sistem online dan langsung cair tadi.

Namun, hal ini juga sebenarnya bisa jadi kelebihan tersendiri bagi pinjaman online. Jika di bank tanpa agunan Anda harus meminjam minimal 5 juta, di sini Anda bisa meminjam kurang dari itu. Minimal peminjaman pinjaman online adalah 1 juta rupiah.

  • Masa Tenor Cenderung Lebih Singkat

Berhubung jumlah pinjaman yang diberikan tidak terlalu besar, hal ini juga berpengaruh pada masa tenor yang berlaku di pinjaman online. Berbeda dengan bank yang bisa sampai tahunan, maka pinjaman online hanya memberi tempo waktu dalam hitungan hari. 

Biasanya, antara 10 sampai 180 hari tergantung besarnya pinjaman. Sayangnya, makin lama jangka waktu yang diambil, akan semakin besar bunga yang harus Anda bayar.

Jadi, Anda memang harus mempertimbangkan betul-betul terkait jumlah dana yang diambil dan masa tenornya. Jangan sampai proses pelunasan itu nantinya justru membebani Anda, ya. 

  • Ada Penyedia Layanan yang Tidak Terpercaya

Sekali lagi, berhubung semua proses ini dilakukan via online, maka risiko penipuan pun tidak bisa dielakkan. Anda harus benar-benar memilih penyedia layanan pinjaman online yang terpercaya dan berkualitas untuk menghindari penipuan. 

Hal pertama yang harus dilihat dari sebuah penyedia pinjaman online adalah dengan memastikan situs tersebut terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Apabila sudah terdaftar, maka Anda tidak perlu ragu lagi karena aktivitas di perusahaan tersebut diawasi langsung oleh OJK.

Itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan dari pinjaman dana online. Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman, Anda harus menghitung simulasinya lebih dulu dengan matang. Jangan sampai pinjaman yang sedianya untuk meringankan beban malah menjadi beban ya, apa lagi jika sampai tertipu.

Apakah Anda sedang membutuhkan pinjaman dana tunai online ini? Jika iya, yuk cek saja di CekAja.com. Ini adalah salah satu perusahaan fintech yang sudah terpercaya dalam memberikan layanan pinjaman online. Segera kunjungi https://www.cekaja.com/kredit untuk info lebih lengkap, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *